Tuesday, September 12, 2017

Pengalaman 6 Bulan Pasca Bootcamp Java Xsis Mitra Utama

Apa kabar semua, back again on my blog...
Akhirnya punya waktu dan mood untuk menulis lagi di blog saya yang biasa aja ini. Sudah mulai nyantai sih karena sekarang sudah selesai develop aplikasinya di tempat penempatan, dan sekarang hanya stand by untuk kalau ada laporan Error atau Bug atau bahasa lebih kece nya Defect :v

Logo PT.Xsis Mitra Utama
logo PT Xsis Mitra Utama

Sudah sekitar 8 Bulan dari awal tanda-tangan kontrak kerja di PT Xsis Mitra Utama dan saya di tempatkan di sebuah vendor software consultant di bidang perbankan, ya saya di DMS kepanjangannya kalo gasalah Digital Mind System. Banyak suka dan dukanya disini sih, nanti saya ceritakan satu-satu dibawah. Jadi di DMS di kontrak selama 6 bulan dari Xsis, nah setelah 6  bulan ternyata diperpanjang kontraknya selama 6 bulan lagi katanya, yasudah nikmati saja,

Sebelum baca pengalaman-pengalaman saya dibawah, mohon dipahami bahwa ini adalah pengalaman pribadi penulis atau saya sendiri. Perbedaan persepsi dengan lainnya mungkin terjadi, kembali lagi ini merupakan pengalaman saya yang saya tujukan untuk para pembaca untuk berbagi cerita . Tidak ada maksud untuk  merugikan pihak tertentu.

Jadi seminggu pertama setelah tandatangan kontrak, saya standby di lantai 4, saya ngapain disitu ? Gak ngerjain apa-apa sih sebenernya, cuma aku pake buat review lagi yang udah pernah dipelajari waktu bootcamp. Di hari ke empat dapat panggilan test user, waktu itu saya bertiga dengan teman angkatan bootcamp saya yang juga lolos dan standy di lantai 4 diantar ke daerah kemayoran, lumayan jauh ya. Tepatnya di AGCI, saya lupa kepanjangannya. Nah disana di test Logic dan ditanya seputar komitmen kerja dan biodata. Tenang aja test logicnya gak sesulit test logic Bootcamp PT Xsis Mitra Utama yang bikin mual kok, hehe... Setelahnya pulang...

Nah di hari ke 5,dapat panggilan lagi test penempatan di user, waktu itu diantar ke Landmark Tower A usernya ternyata sedang disana. Jadi ketemu sama orang-orang DMS, di test tentang apa yang dikerjakan di mini project waktu Bootcamp Java Xsis Mitra Utama.  Setelah menunggu dapat informasi bahwa teman saya yang dua orang lolos ke AGCI, akhirnya saya sendiri standby di lantai 4. Tapi tidak selang lama dapat informasi bahwa saya ditempatkan di DMS... Dan petualangan baru pun dimulai (Alay~)...

Sebulan pertama saya bertempat di Landmark Tower A Sudirman, disana itu tempatnya user DMS, jadi DMS itu vendor juga, mirip Xsis sih. Awal-awal diajari untuk membuat aplikasi menggunakan IBM BPM. Aplikasi untuk membuat aplikasi dengan membuat screen dan alur datanya via flow yang dicosing sedemikian rupa. Disini minim coding sih, cuma main konfigurasi, flow, dan sedikit coding.  Yah browsing aja IBM BPM. Java yang dipelajari waktu Bootcamp enggak dipake T^T

Setelah sebulan di landmark tower ini, kemudian memasuki tahap develop aplikasi, nah developnya ditempatkan di kantor(?) DMS di daerah darmawangsa. First Impression... Ini kantor apa ruko ya. Awal dikantor itu  alergi debu akut, telapak tangan dan punggung tangan merah-merah gatal banget. Awal disana sepi dan kotor. Mungkin jarang di bersihkan karena orang-orang disana pada betah di tempatkan di user mereka kali ya... Alhasil akhirnya setelah pulang aku beli bedak apa ya lupa, bukan herocyn yang satunya lagi untuk ditabur di tangan, dan sembuh sekitar 4 hari.

Awal-awal tim nya ada beberapa , tapi di pertengahan team yang orang sana atau orang DMS nya banyak yang resign, mereka gak betah. Jujur ya saya juga ngerasa gak betah disana, kerja udah kayak kerja rodi. Untung di Xsis ada lemburan ya. Orang DMS nya sendiri mereka gak ada lemburan sama sekali, adanya reimburs makan, itupun makannya dibatasi. Pengalaman saya sih seringnya dikasih makan nasi goreng 12 ribuan . Sedih juga saya dengarnya temen orang DMS curhat " Gilaaa, lembur sampe tengah malem cuma dibayar nasi goreng! Mana wajib lembur..."

Banyak hal yang bikin gak betah, mulai dari orang-orang DMS yang ngerokok di dalam kantor(?ruko), lembur yang wajib kalo gak lembur dibilang 'GAK PRODUKTIF', yang tiba-tiba saya disuruh jadi programmer .NET . Dan waktu kerja yang kurang teratur, walau sedikit fleksibel sih.

awal masuk Xsis katanya kalo gak betah boleh bilang dan dipindah tempat kan ya, tapi jangan terlalu berharap untuk bisa pindah sesuka hati kalian. Apalagi hampir ERO kita gak bisa dihandalin semua. Jadilah saya tetap diperpanjang di DMS.  Tetapi, overall kalo untu pengalaman kerja, disini lumayan lah...

Sekarang saya balik lagi di Landmark Tower di tempat client usernya DMS, setidaknya lumayan nyaman disini. Dan hampir tiap hari dengarkan curhat teman-teman DMS disini yang mengeluh soal manajemen DMS, Saya rasa DMS itu vendor yang bagus, tapi lebih baik lagi kalau Manajemennya sedikit dirubah ke arah lebih baik, dan lebih peduli sama karyawannya.

Sekian dulu cerita pengalaman saya kali ini, see you on the next posts...
Thanks


BACA JUGA : PT XSIS MITRA UTAMA Bootcamp Java Part 1
BACA JUGA : PT XSIS MITRA UTAMA Bootcamp Java Part 2
BACA JUGA : PT XSIS MITRA UTAMA Bootcamp Java Part 3
BACA JUGA : GAJI PT XSIS MITRA UTAMA
Xsis Bootcamp

BACA JUGA : KENAPA MEMILIH BOOTCAMP XSIS?




2 comments:

  1. Wah thanks banget infonya gan Arthan,
    sebenarnya saya ingin diskusi lebih banyak mengenai
    test di PT Xsis ini, karena kebetulan hari Senin minggu
    depan saya dipanggil untuk mengikuti test dan interview di PT. Xsis. Boleh minta contact email atau Id Linenya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, silahkan contact email saya yudha.pangestu96@gmail.com

      Delete