Sunday, December 4, 2016

PT. Xsis Mitra Utama Bootcamp JAVA part 1

Seperti judulnya, sekarang saya ingin memberikan sebuah pengalaman saya yang lumayan mengesankan selama setelah lulus dari Teknik Informatika Universitas Sebelas Maret Surakarta atau disingkat UNS.
Setelah lulus dengan predikat Cumlaude, saya sedikit bingung untuk memulai karir dari mana.
Dengan tekad cari kerja berbekal CV Fresh Graduate seadanya, saya mendaftar beberapa lamaran di Jobstreet dan alhasil dari beberapa lamaran hanya dapat beberapa email balasan. Itupun sebagai developer Game, sebelumnya saya memang ingin terjun langsung ke dunia developer game. Sudah beberapa email saya balas, saya sedikit pesimis dan menyerah. Sampai akhirnya saya iseng-iseng mendaftar beberapa trainee di Jobstreet. Sampai kemudian dua hari setelahnya saya mendapat telepon dari salah satu tempat saya melamar untuk menghadiri test dan wawancara yaitu PT.Xsis Mitra Utama.

Kebetulan saat itu saya belum wisuda dan posisi saya di Lampung, Kemudian menghadiri Wisuda di kota Solo. Tepat sore setelah wisuda saya berangkat ke Jakarta naik kereta ,kemudian setelahnya mencari penginapan.

Oke, skip saja. Kita langsung masuk ke tahapan test. Test recruitment bootcamp di Xsis Mitra Utama lumayan mudah. Pertama akan disuruh untuk menggisi form data diri dan meng-upload beberapa softfiles. Kemudian Masuk tahap mengisi data personal tentang diri pribadi. Setelahnya masuk tahap Test IQ, hampir sama seperti test IQ lainnya, dan tentunya ada waktu pengerjaan tiap sesi. Nah setelah test IQ masuk ke test Technical skill. Tidak terlalu sulit kok, hanya logika dasar pemrograman, dan query-query database. Setelah technical skill, ada filtering. Jadi bagi yang test IQ nya tidak memenuhi standar akan di diskualifikasi.

Setelah pengumuman diskualifikasi awal itu, akan masuk tahap interview pertama, bahasa yang ditanyakan pun hanya sekedar pertanyaan umum, seperti tentang diri sendiri, domisili, dan lain-lain. Juga akan ditanya minat kita untuk masuk pemrograman apa.
Dan kemudian akan ada interview technical test. Nah ini lumayan menegangkan, karena kita akan diwawancara seputar technical kita. Dan setelahya dibolehkan untuk pulang.

Setelahnya saya kembali ke Lampung. Sekitar 2 Hari kemudian, saya mendapat telepon bahwa saya terpilih untuk mengikuti bootcamp Java, dan untuk hadir dalam tandatangan kontrak bootcamp.
xsis mitra utama logo
PT Xsis Mitra Utama

BACA JUGA : PT. Xsis Mitra Utama Bootcamp JAVA part 2
BACA JUGA : PT. Xsis Mitra Utama Bootcamp JAVA part 3
BACA JUGA : Pengalaman 6 Bulan Pasca Bootcamp PT Xsis Mitra Utama
Xsis Bootcamp
BACA JUGA : KENAPA MEMILIH BOOTCAMP


6 comments:

  1. Replies
    1. Gan ane udah sekitar 2 hari setelah tes kok belum dipanggil ya ? bootcamp nya mulai sekitar tanggal 13 atau 20 september

      Delete
    2. @Hifzon : Biasanya kalau setelah test bakal ada panggilan sih biasanya 1-3 hari setelah test, atau lewat email ada pemberitahuan kalau diterima bootcamp. Coba ditunggu lagi :)

      Delete
  2. Gan , klo technical skill itu testnya ngoding ga gan apa cuma pilihan ganda ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. technical skillnya setau saya ngoding bro... Sama logic

      Delete